Selasa, 01 Maret 2011

 NuGrOhO aJiDD







GUNUNG LOKON
Menjadi ikon pemandangan Kota Tomohon yang terletak di sebelah barat dengan ketinggian 1.580 meter. Gunung berapi aktif yang luar biasa. Menyajikan panorama alam pegunungan dengan kawah yang begitu indah. Waktu  yang tepat untuk memulai perjalanan dari Kakaskasen, Tomohon adalah sekitar jam 7 pagi, dan dapat tiba di kawah pada saat udara pagi masih sejuk.
HUTAN WISATA LAHENDONG
Kawasan hutan pinus yang mengitari hamparan kolam. Yang dikelilingi sumber mata air panas alami bercampur dengan lumpur belerang dan tempat pemandian air panas alami. Ini merupakan tempat yang ideal untuk mengusir kepenatan di kala senja. Kawasan ini menjajakan berbagai kudapan khas Kota Tomohon seperti pisang goreng, jagung rebus disajikan dengan sambal atau dabu-dabu.
AIR TERJUN TAPAHAN TELU TINOOR
Air terjun ini memilki keunikan tersendiri yaitu memiliki tiga air terjun yang berdekatan dengan ketinggian yang sama yaitu 50 m. Lokasi berada 15 km dari pusat Kota Tomohon. Di sekelilingnya di terdapat hutan lindung yang menjadi habitat bagi monyet hitam khas Sulawesi. Bagi pencinta alam sekaligus pecinta olahraga menantang seperti panjat tebing dan hiking. Tempat ini merupakan lokasi yang ideal untuk menguji nyali anda.
BUKIT INSPIRASI TOMOHON
Letaknya di Kampus UKIT Kelurahan Kakaskasen III Tomohon Utara, Dari puncak bukit ini kita bisa menyaksikan keindahan alam Gunung Lokon yang begitu dekat, megah yang menjulang tinggi membentengi dan memberi kemakmuran lewat pertanian dan pariwisata. Tempat ini ideal untuk melihat keindahan matahari terbenam dengan pemandangan laut yang menakjubkan menanti anda.
BUKIT TINTINGON KUMELEMBUAI
Bukit ini berada di kelurahan Kumelembuai kecamatan Tomohon Timur. Jaraknya 15 km dari pusat kota. Melihat pemandangan alam dari puncak bukit. Dan pulau-pulau yang terkenal di seluruh dunia dengan keindahan taman laut Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Manado Tua dan Pulau Lembeh, terkenal karena lokasi penyelamannya dapat dinikmati dari atas puncak bukit ini. Jarak dari pusat kota ke kelurahan Kumelembuai kecamatan Tomohon Timur yaitu 15 km.
PUSAT KERAJINAN KAYU KELAPA
Dengan menggunakan kendaraan tradisional bendi/delman yang di tarik oleh kuda, dapat di tempu selama 10 menit dari pusat kota ke tempai ini. Lokasi ini merupakan pusat pembuatan rumah dan pengolahan meubel yang terbuat dari kayu kelapa. Disamping sebagai pabrik pengolahan kayu kelapa, juga berfungsi ganda sebagai tempat pelatihan bagi para pemuda yang telah putus sekolah untuk dilatih menjadi tukang/pengrajin yang mandiri. Di sini anda dapat melihat dan membeli beragam hasil kerajinan sebagai cendera mata yang terbuat dari kayu kelapa.
GUNUNG MAHAWU
Berada berlawanan arah dengan Gunung Lokon, memiliki lereng yang cukup landai dengan ketinggian 1.311 meter. Memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan, dengan danau kawah berwarna hijau dengan kuning belerang. Turis asing sering mendaki Gunung Mahawu ini karena bisa didaki dengan mudah antara 2-3 jam dan pendaki tidak perlu menginap, karena hari itu juga bisa pulang.
Pemandangan dari puncak Gunung Mahawu adalah melihat Laut Maluku dan Laut Sulawesi, karena keberadaan Minahasa berada diujung Pulau Sulawesi dengan alam yang sangat indah.
ANYAMAN BAMBU DI KINILOW
Lokasi ini berada di pinggiran jalan utama kota yang terletak di kelurahan Kinilow kecamatan Tomohon Utara. Merupakan pintu masuk ke Kota Tomohon. Jaraknya 6 km dari pusat kota. Beragam kerajinan, anyaman tradisional yang terbuat dari bamboo seperti topi petani, keranjang buah, tempat lampu di jual kepada pengunjung.
Bambu ini juga digunakan sebagai media masak masakan khas minahasa. Seperti nasi jahe, sayur pakis, daun pepaya dan beragam jenis daging dimasak dengan menggunakan kayu bakar.
BUKIT WAWO
Wawo merupakan suatu kawasan yang memiliki perbukitan dan dataran yang ke berbagai penjuru. Menjadikan kawasan ini ideal untuk lokasi berbagai  kegiatan. Kegiatan wisata dengan bersepeda menikmati pemandangan alam spektakuler gunung-gunung dan menikmati keindahan alam lainnya. Apalagi jalan menuju Wawo sudah ber-aspal mulus.
Memiliki luas 600 ha untuk usaha pengembangan florikultura di kombinasikan dengan kawasan pariwisata.
GEREJA SION
Arsitektur bangunan bergaya Eropa, merupakan karya arsitektur Belanda. Saat kini kita dapat menyaksikan bangunannya yang kokoh. Obyek wisata peninggalan zaman  penjajahan Belanda berada tepat di pusat Kota Tomohon. Di belakang rumah sakit Bethesda. Sampai sekarang di gunakan oleh jemaat sekitar untuk beribadah.
PASAR TRADISIONAL TOMOHON
Pasar Tomohon adalah pasar tradisional terbesar di Minahasa. Di mana dijual berbagai macam jenis bahan makanan dan jenis daging antara lain: daging sapi, babi, anjing, tikus pohon, kelelawar dan ayam. Daging yang dijual pun sangat segar dan biasanya “dijagal” di situ juga dilihat oleh konsumen. Di pasar tersebut juga dijual berbagai jenis ikan laut dan ikan air tawar yang masih segar.
Pasar Tomohon isinya lengkap, lebih murah, bahkan bersih, dan tak heran ada banyak orang dari luar kota untuk khusus datang berbelanja di Pasar Tomohon. Bahkan ada banyak turis asing yang ikut masuk kedalam pasar untuk melihat secara dekat kegiatan pasar.
EKO WISATA DI DESA RURUKAN
Terdapat di sebelah timur Kota Tomohon, ke arah gunung Mahawu terdapat lokasi agrowisata, dengan hamparan kebun pertanian yang dikelola oleh penduduk setempat secara tradisional. Dengan peralatan sederhana lokasi pertanian ini terletak diantara lereng-lereng bukit yang dibuat bedengan bedengan secara terasering, pada saat tanaman holtikultura ini mulai tumbuh, akan melahirkan pemandangan indah yang menyejukkan. Tempat ini juga berudara sejuk dan nyaman.
JALAN SALIB
Terdapat di lereng gunung Mahawu dari Desa Kakaskasen II, dibuat lokasi jalan salib serta di puncak terdapat Gereja. Lokasi ini banyak dikunjungi oleh peziarah terutama di bulan Oktober dan bulan Mei.
DANAU LINOW
Danau kecil ini unik karena mengandung kadar belerang tinggi ini memiliki warna yang selalu berubah tergantung pada sudut pandang dan pencahayaan danau. Di sekitar danau ini terdapat satwa endemik berupa burung blibis dan serangga yang oleh penduduk setempat dinamakan “sayok” atau “komo”. Serangga unik yang hidup di air tapi bersayap dan bisa terbang ini menjadi konsumsi penduduk setempat. Kadang-kadang terdengar kicauan burung kecil dan burung putih besar melintasi danau.
BUKIT TEMBOAN
Terletak di desa Rurukan dimana diatas bukit terdapat sebuah rumah yang terbuat dari kayu pohon kelapa (jaman peninggalan Belanda). Dari sini akan terlihat panorama alam yang indah yaitu Danau Tondano, Pelabuhan Bitung dan kawasan agro dengan tanaman sayuran yang tertata rapi disekitar bukit.
WARUGA
Waruga adalah makam tradisional leluhur suku Minahasa yang terbuat dari 144 jenis batu alam yang terletak di Desa Sawangan. Bentuk makamnya adalah persegi empat dengan lubang ditengah sebelah atas yang ditutup dengan cungkup prisma. Batu makam ini diukir dengan berbagai motif yang menandakan pekerjaan dan jenis kelamin dari manusia yang dikubur didalamnya. Rata-rata usia waruga adalah ratusan sampai dengan ribuan tahun. Di seluruh Minahasa terdapat sekitar 2.000 waruga.
RUMAH PANGGUNG KAYU
Tempat pembuatan rumah kayu tradisional yang menarik ini berada di desa Woloan. Rumah dengan menggunakan sistem knock-down ini dirancang untuk dapat dibongkarpasang agar dapat dibawah untuk dibangun kembali di tempat yang diinginkan oleh pembeli. Para pembeli-nya sudah bukan lagi orang lokal, tapi banyak yang datang dari luar Minahasa.
MESJID NURUL IMAN
Berdiri sejak tahun 1886 di kampong Jawa, dengan arsitektur khas Demak. Adalah Tubagus Buang, Abu Salam, Iman Mas Jebeng sang pembawa sjiar Islam dari Demak yang diasingkan Belanda di Tanah Minahasa.
PAGODA EKAYANA
Berdiri megah di Kelurahan Kaskasken Dua, Pagoda ini menjadi salah satu icon penting bagi Kota Tomohon. Selain sebagai tempat beribadah bagi Umat Budha, para pengurus Vihara Ekayana juga berhasil menyatukan keselarasan alam dan lingkungan mereka dengan sangat baik.
Selain objek-objek wisata tersebut diatas, terdapat tempat-tempat wisata lain di daerah sekitar Kota Tomohon yang relatif dekat untuk dikunjungi seperti Danau Tondano, pemandian air panas mineral Karumenga di Langowan, objek wisata sejarah Watu Pinawetengan.
Kemudian juga ada Bukit Kasih Kanonang dimana disekitar bukit ini dibangun Monumen Bukit Kasih memiliki tinggi 22 meter, berbentuk segi lima sama sisi dan sama tinggi, mencerminkan kebersamaan, persaudaraan lima agama; Kristen Protestan, Katolik, Islam, Hindu dan Budha di Sulut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar